Jumat, 14 Januari 2011

Biker Community

Tips Touring >>

1. Persiapkan kondisi fisik, mental dan finansial (sesuai budget masing2) … hehehehe. Tidur cukup sehari sebelum perjalanan yah mas broo..

2. Persiapkan (ServiS) kondisi mesin / kendaraan kita. Sekurang-kurangnya 1 (satu) minggu harus sudah servis (dan ganti oli).

3. Jangan lupa untuk mempersiapkan spareparts cadangan yang antara lain: kabel kopling, kabel gas, bohlam lampu depan, busi standar, ban dalam (kecuali tubeless), pin penyambung rantai, dan sikring 15 Ampere (kalo bisa agak banyak dan jangan beli yang murahan) dan jas hujan (jangan yang ponco yah).

4. Biasanya tool kit standar yang diperlukan: obeng plus dan minus, tang, kunci 10, 12, 14, 17, 19, dan kunci busi). Kalo ada lebih yah ga apa2 selama tidak memberatkan.

5. HINDARI penggunaan aksesoris tambahan yang justru akan menjadi beban dalam perjalanan jarak jauh.

Contoh: Kalian tau motor Gokur? Saat Jambore nanti, Gokur tidak akan membawa Delta Box dan Cover Engine. Mohon maaf, tapi box dengan merek Core/Korea Motor sebaiknya ditinggal saja. Untuk menyimpan barang, Gokur mengunakan Tas Ransel.

6. Bawalah barang-barang/perlengkapan secukupnya sampai perjalan pulank kembali ke JKT. Barang-barang/perlengkapan yang terlalu berat akan mempersulit pengendara selama perjalanan.

7. JANGAN LUPA melakukan DOA BERSAMA klotur sebelum keberangkatan.

8. HATI-HATI dengan TRUK (yang membawa muatan) TANAH (MITOLOGI).

9. Di PANTURA, biasanya truk yang berjalan PELAN ada di sebelah KANAN. Jadi ada kebiasaan/kecenderungan untuk menyalip dari sebelah KIRI.

10. Apabila Road Captain menyalip dari sebelah KANAN, JANGAN ada yang menyalip dari sebelah KIRI (dan begitu pula sebaliknya), apabila RC menyalip dari KIRI, JANGAN ada yang menyalip dari sebelah KANAN.

11. PERCAYALAH pada rekan sesama anggota Klotur. SUSAH maupun SENANG dibagi bersama-sama. JANGAN PERNAH egois dan meninggalkan Klotur anda.

12. Bila terjadi troubleshooting atau perampokan atau kecelakaan, sesama anggota klotur yang lain harus memberitahukan seluruh anggota klotur dengan MENGKLAKSON PANJANG.

13. Apabila merasa NGANTUK, LELAH atau LAPAR segera memberitahukan rekan-rekan Klotur lain. Pemberitahuan dilakukan dengan MENGKLAKSON PANJANG.

Note: Biasanya sih, kalo ngantuk… gue akan bernyanyi sendirian.. untuk mengatasi rasa bosan selama perjalanan.. heheheh

14. Pada saat MAKAN, JANGAN mengkonsumsi TERLALU BANYAK. Agar tidak menimbulkan rasa KANTUK atau sakit perut.

15. AIR PUTIH + vitamin / supplemen, merupakan minuman yang paling efektif ketika berkendara jarak jauh. Entah kenapa kopi (kafein) kurang efektif (IMHO). Apabila ada yang memerlukan obat2an khusus, persiapkan cadangan obat khusus anda dan beritahu kepada sesama rekan klotur yang lain atas hal tersebut.

16. Isilah BENSIN secara bersama-sama dengan anggota klotur yang lain. Usahakan bensin minimal kondisi setengah tangki (50%), begitu sudah sampai di titik tersebut langsung mengisi ulang di pom bensin terdekat.

17. Komunikasi antara Klotur atau dengan biasanya dilakukan dengan SMS. Apabila upaya menghubungi tidak bisa atau sms belum/tidak terkirim, maka harap bersabar karena ada daerah-daerah yang signalnya belum/kurang bagus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar